Search
Close this search box.

Seri Workshop Pembuatan dan Review Soal Standar UKAI

Seri Workshop Pembuatan dan Review Soal Standar UKAI

Seri Workshop Pembuatan dan Review Soal Standar UKAI

Seri Workshop Pembuatan dan Review Soal Standar UKAI

Tenaga pendidik dan kependidikan Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang telah melaksanakan workshop pembuatan serta review soal Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia(UKAI). Workshop diselenggarakan pada 14-15 Oktober 2022 dan berlangsung di Singhasari Resort Batu. Sebagai pemateri, didatangkan Bapak apt. Alvan Febrian Shalas selaku Ketua Program Studi Farmasi Universitas Brawijaya yang merupakan panitia serta reviewer soal UKAI nasional.

UKAI merupakan sebuah standar kelulusan apoteker saat ini. Soal UKAI sendiri merupakan hasil perhimpunan soal-soal yang telah dibuat oleh banyak instansi, kemudian diseleksi oleh panitia UKAI nasional untuk dipilih soal-soal yang dinilai berkualitas. Soal UKAI sendiri memiliki dimensi yang berbeda dengan soal-soal ujian yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan ujian ini merupakan ujian yang menentukan kelulusan seorang calon apoteker, sehingga permasalahan yang diangkat dalam setiap soalnya merupakan masalah real yang terjadi di masyarakat.

Harapannya, setelah dilaksanakan Workshop Pembuatan dan Review soal UKAI ini, para dosen Prodi Farmasi FKIK UIN Malang mampu memproduksi soal-soal berkualitas sehingga dapat lolos dalam seleksi nasional dan diangkat menjadi soal yang diujikan dalam UKAI. Dengan banyaknya soal UKAI dosen yang termuat dalam UKAI nasional, akan menunjukkan korelasi positif terkait proses pendidikan yang dijalankan. Selain itu, mahasiswa juga akan terbiasa mengerjakan soal dengan tipe dan dimensi serupa.

Rangkaian acara dalam kegiatan ini dimulai dengan pembukaan, sambutan oleh Bapak Ach. Nasichuddin, MA selaku Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan yang mewakili Dekan FKIK, sambutan dari Ketua Program Studi Farmasi, Bapak Apt. Abdul Hakim, M.P.I, M.Farm dan doa. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait penyusunan serta review soal UKAI. Kemudian, dilaksanakan penyusunan soal UKAI oleh seluruh peserta. Setelah dilakukan penyusunan, soal-soal tersebut di-review serta dilakukan diskusi terkait soal tersebut. Bapak apt. Burhan Ma’arif Z.A, M.Farm. selaku Ketua Pelaksana Workshop ini menuturkan, “Melalui kegiatan ini, diharapkan dosen Farmasi UIN Malang semakin produktif dalam membuat soal-soal UKAI”.

Kontributor : Azizah Azzahra dan Rara Belinda (Farmasi 2021) – Tim Pers FKIK, editor Fathia Humas FKIK

 

Posts that may also interest you

Berita Lainnya

Pengumuman