Sembari Puasa Ramadhan, Prodi Farmasi Adakan Workshop Pembuatan Soal Vignette

Kamis (06/05/2021) Pukul 13:00 WIB, Program Studi Sarjana Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyelenggarakan Workshop Pembuatan Soal Vignette Berbasis Komputer dan Penerapannya secara online via Zoom Meeting.

Workshop ini dipimpin oleh Apt. Tanaya Jati Darma Dewi, M.Farm. selaku Ketua Unit Kurikulum Prodi Farmasi FKIK UIN Malang. Menurut Apt. Tanaya, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dosen Program Studi Farmasi dalam membuat soal ujian dengan sistem vignette serta penerapannya dalan ujian. Acara ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menstandardisasi soal-soal ujian yang ada di Prodi Farmasi mengacu pada Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI).

Acara pelatihan kali ini dihadiri oleh dosen-dosen Prodi Farmasi dengan pembicara internal yakni Apt. Rahmi Annisa, M.Farm., dosen bidang Teknologi Farmasi serta Apt. Yen Yen Ari Indrawijaya, M.Farm.,Klin., selaku Sekretaris Program Studi Farmasi FKIK UIN Malang. Keduanya merupakan perwakilan dosen Prodi Farmasi yang telah mengikuti berbagai workshop pembuatan soal UKAI.

Menurut Apt. Rahmi, soal yang baik adalah yang sesuai dengan sasaran kompetensi yang ingin diukur. Salah satu upaya membentuk soal yang baik adalah dengan menerapkan model vignette.Vignette test adalah salah satu pengembangan dari soal tipe Multiple Choice Question (MCQ) yang dipergunakan untuk berbagai penilaian yang bersifat konteks sesuai dengan tingkat kompetensi peserta”, terang Rahmi. “Dalam soal tersebut terlebih dahulu diberikan suatu skenario singkat berdasarkan konsep yang sering terjadi di lapangan”, sambungnya.

Dengan adanya kegiatan Workshop Pembuatan Soal Vignette berbasis Komputer dan Penerapannya ini, diharapkan para dosen Program Studi Farmasi dapat terbiasa untuk memproduksi soal-soal yang baik dan berkualitas sesuai dengan kaidah pembuatan soal yang baik.

(Kontributor: Meilina RD, Editor: Alif FF; Humas FKIK)