Student Exchange Programme Summer 2021: Badr City, Cairo, Mesir

Program pertukaran pelajar ini dilaksanakan selama 21 hari dengan agenda kegiatan yang  sudah disiapkan oleh pihak Badr Univeristy in Cairo. Delegasi diminta sudah tiba di Kairo pada  tanggal 9 Agustus 2021. Delegasi berangkat dari pukul 23.15 pada tanggal 8 Agustus 2021 menggunakan  pesawat dengan rute Jakarta (CGK)-Cairo (CAI) dan sampai di Kairo pada pukul 11.00 waktu setempat pada tanggal 9 Agustus 2021. Sesampainya di Cairo Airport peserta disambut dan dijemput oleh Esraa Ghareb selaku LEO (Local Exchange Officer), Amr selaku President EPSF-BUC, Abdul Khailik, dan Nourhan selaku Tim Hosting SEP dari Badr Univeristy in Cairo (BUC). Perjalanan dilanjutkan menuju student dormitory menggunakan mobil kampus yang telah disediakan oleh BUC. Student dormitory berada di dekat kampus BUC di Badr City yang ditempuh sekitar 50 menit dari Kota Kairo.

Sesampainya di Bad City, saya langsung dibawa ke student dormitory di seberang kampus BUC  untuk mendapakan kamar yang dilengkapi dengan kamar tidur dengan fasilitas tempat tidur,  lemari pakaian, kipas angin, meja belajar, dan kamar mandi (kloset duduk, shower, dan wastafel). Selain itu tersedia juga fasilitas dapur (kompor listrik,  tempat cuci piring, kulkas, dan perlengkapan masak dan makan), dan balkon sebagai tempat jemuran. Jarak dari student dormitory ke tempat training hanya sekitar 300 meter dari gedung dan laoratorium dan 500 meter dari apotek.

Kegiatan Utama

  1. Opening Ceremony

Agenda pertama setelah sampai di student dormitory, saya diminta untuk beristirahat sebentar, kemudian dilanjutkan untuk melakukan pembukaan kegiatan (Opening Ceremony) yang dilaksanakan di lantai 4 Main Building School of Pharmacy. Pembukaan tersebut dihadiri beberapa petinggi dari School of Pharmacy Badr University in Cairo. Acara pembukaan terdiri atas sambutan dan ucapan selamat datang dari Dekan, pemotongan kue sebagai tanda selamat datang, berkeliling melihat setiap sudut kampus dan gedung-gedung setiap fakultas, serta sesi dokumentasi bersama Dekan dan LEO (Local Exchange Officer).

Foto bersama dengan Dr. YAsser Mostafa sebagai Dean of Scholol of Pharmacy dan Esraa Gharebsebagai LEO (Local Exchange Officer)
  1. Research Training

Agenda pelatihan dibidang riset dilakukan selama 8 hari. Saya melakukan riset di bidang Nanoteknologi membantu Dr. Mahmoud Elsabahy dan Tim dalam mengembangkan penelitian di bidang ini. Sediaan nanoteknologi yang dibuat yaitu Vancomycin-loaded niosome. Saya bergabung dengan tim yang beranggotakan 4 orang. Sebelum memasuki laboratorium Dr. Mahmoud melakukan persiapan dengan memberikan penjelasan beserta paper untuk dipelajari dan beliaupun memberikan Lab Tour di Laboratorium Teknologi Sediaan Farmasi. Keesokan harinya saya dan tim membuat sediaan Vancomycin-loaded niosomes, dimulai dari menimbang bahan hingga menjadi sediaan liquid dan dimasukkan kedalam refrigerator selama 24 jam. Di hari berikutnya dilakukan pengompresan hingga sediaan Vancomycin-loaded niosomes menjadi sediaan solid. Di hari keempat saya kembali ke Lab untuk membuat sediaan Empty Niosomes. Diminggu berikutnya saya dan tim melakukan evaluasi untuk sediaan Vancomycin-loaded niosomes, evaluasi dilakukan selama 2 hari berturut-turut. Di hari berikutnya kegiatan dilaboratorium pun berakhir dan dilakukan diskusi bersama tim serta membahas format laporan yang harus dikumpulkan keesokan harinya. Hari terakhir untuk pelatihan di bidang riset yaitu mengumpulkan laporan serta dilakukan penutupan dan foto bersama Dr. Mahmoud sebagai pembimbing.

  1. Community Pharmacy Training

Pelatihan di bidang Komunitas Farmasi dilakukan selama 4 hari. Saya melakukan training di apotek yang bekerja sama dengan Badr University in Cairo yaitu Dr. Menna Ahmed Ali Pharmacy. Pembimbing di bidnag komunitas farmasi ini dilakukan oleh Dr. Menna selaku pemilik apotek. Di hari pertama pelatihan saya dikenalkan bagaimana cara menata ruangan apotek serta cara melayani pasien yang datang ke apotek. Di hari kedua saya membantu menata supply barang yang datang serta mempelajari beberapa sediaan obat dari mulai nama produk, nama generik, dan indikasi dari obat-obat tersebut. Dihari selanjutnya saya belajar melakukan konseling kepada pasien dengan dibantu oleh teman saya, karena rata rata pasien yang datang ke apotek tidak bisa menggnakan bahasa inggris. Hari terakhir training saya membantu menata barang dan melayani pasien serta melakukan perpisahan dan foto bersama bersama Dr. Menna dan Staff selaku pembimbing.

  1. General Assembly

Saya diberi kesempatan untuk dapat mengahdiri kegiatan penting EPSF (Egyptian Pharmaceuticals Stundets’ Federation) yaitu Final General Assembly. General Assembly merupakan musyawrah besar yang diadakan oleh EPSF untuk pemilihan ketua dewan eksekutif baru untuk setiap divisi, diskusi tentang seluruh rencana organisasi, serta penerimaan anggota baru. General Assembly diadakan sebanyak 4 kali dalam setahun yaitu saat Annual National Congress di bulan oktober, Mid-Year Vacation di bulan Februari, National Symposium di bulan april, dan Final GA di bulan Agustus. General Assembly diadakan bergantian disetiap kampus, saya mendapat kesempatan untuk menghadiri GA saat diadakan dikampus dimana saya melakukan training, Badr Univeristy in Cairo, pada tanggal 28-29 Agustus 2021

  1. Penutupan Kegiatan

Penutupan kegiatan dilakukan di lantai 4 Main Buiding School of Pharmacy sama seperti saat pembukaan, penutupan dilakukan dengan berpamitan dan mengucapkan ucapan terimakasih kepada Dekan, Professor, dan Doktor Fakultas Farmasi yang telah menerima delegasi Student Exchange Programme Summer 2021 serta melakukan sesi dokumentasi.

Kegiatan Tambahan

Kegiatan tambahan yakni pengenalan sejarah dan budaya Mesir dengan mengunjungi tempat tempat bersejarah, museum-museum, serta masjid yang sangat terkenal di Mesir. Selain itu, terdapat pula Field Trip ke beberapa tempat wisata untuk mempererat kekeluargaan bersama EPSF-BUC. Seluruh tiket kunjungan ke tempat tempat bersejarah dan transportasi didanai oleh pihak Badr University in Cairo.

Pengenalan Sejarah dan Budaya

  1. Prince Mohammad Ali Palace and Museum

Kunjungan pertama untuk pengenalan sejarah dan budaya dilakukan ke Prince Mohammad Ali Palace and Museum yaitu pada tanggal 10 Agustus 2021. Museum ini bertempat di tengah Kota Kairo dan berdekatan dengan sungai Nil. Didalamnya terdapat beberapa rumah peninggalan yang sangai iconic dihiasi dengan langit-langit mosaik yang berbeda disetiap ruangannya, museum tempat peninggalan benda-benda bersejarah dan lukisan raja-raja di Era Kerjaan Mesir, serta taman yang sangat menyejukkan.

Dokumentasi saat berada di Mohammad Ali Palace and Museum
  1. Coptic Cairo

Kunjungan di hari selanjutnya yaitu ke Coptic Cairo pada tanggal 11 Agustus 2021. Coptic Cairo meupkana salah satu bagian dari Old Cairo, kami mengunjungi Katedral Saint George, Coptic Museum, Katedral Saint Virgin, dan Katedral Saint Menas. Coptic Cairo merupakan benteng bagi agama Kristiani di Mesir baik sebelum maumpun selama Era Islam, karena sebagian gerejanya dibangun setelah penaklukan muslin atas mesir pada abad ke-7. Coptic museum merupakan tempat koleksi artefak kristen mesir terbesar di dunia.

Dokumentasi saat berada di Coptic Cairo (Katedral St. George)
  1. The Great Sphinx and Giza Pyramids

Di hari sebelum training dimulai, dilakukan kunjungan ke tempat paling bersejarah di Mesir yang juga termasuk salah satu dari tujuh keajaiban dunia, yaitu Giza Sfinks dan Piramida pada tanggal 12 Agustus 2021. Piramida dibangun selama periode Kerajaan Lama Mesir dan Pertengahan Mesir, sebagai makam untuk raja-raja Mesir Kuno. Piramida berada di dataran tinggi kawasan Giza, Pinggiran Kairo. Saya mengunjungi 3 Piramida utma dan terbesar yaitu Piramida Menkaure, Piramida Khafre, dan Piramida Khufu serta mengunjungi Patung Great Sphinx yang juga terkenal dikawan Giza. Patung Sfinks diyakini merupakan kepala khufu, dimana kepala manusia yang melambangkan watak kepribadian manusia yang lembut serta badan singa yang melambangkan kepribadian gagah laksana singa.

Dokumentasi saat berada di Kompleks Giza Piramida
  1. Salah El Din Ayyoubi Mosque dan Museum

Kunjungan untuk pengenalan sejarah dan budaya pada minggu kedua dilakukan ke Masjid Sala El Din Ayyoubi pada Tanggal 18 Agustus 2021. Salah satu wisata islami yang ada di Kairo. Masjid ini dibangun oleh Salah El Din Al Ayyoubi yang merupakan pemimpin tekemuka dan pendiri dinasti Ayyubiyah pada akhir abad ke-12. Selain terdapat masjid yang sangat iconic, dikawasan ini terdapat 2 museum bersejarah yaitu National Police Museum dan National Military Museum. Di National Police Museum dapat melihat penjara di zaman dahulu, senjata-senjata, serta lukisan para pahlawan saat peranng. Sayangnya saat berkunjung ke National Military Museum, museum sedang dalam tahap oerbaikan sehingga pengunjung hanya boleh melihat lihat dari luar. Di luar museum terdapat senjata senjata api serta patung pahlawan salah satunya Ibrahim Pasha.

Dokumentasi saat berada di Masjid Salah El Din Al-Ayyoubi
  1. 6th October Panorama

Kunjungan selanjutnya yaitu museum 6th October Panorama pada tanggal 19 Agustus 2021. Museum ini merupakan tempat dokumentasi Perang Oktober Mesir sebagai saksi kebeneranian rakyat mesir untuk mempertahankan tanah mereka. Museum ini sangat interaktif dan terkemuka dengan memanfaatkan teknologi terkini. Museum yang sangat luas dengan halaman terbuka dengan pemandangan berbagai senjata api yang digunakan saat perang, gedung yang sangat menarik dengan lukisan lukisan kejadian saat perang, dan yang paling menarik adalah panorama dengan nuansa teater di panorama pertama, simulasi 3D perang dengan konstruksi melingkar di panorama kedua, serta tayangan 3D terjadinya perang dipanorama ketiga.

Dokumentasi saat berada di Museum 6th October
  1. Sultan Hassan and Ar-Rifa’i Mosque

Kunjungan selanjutnya ke Masjid Sultan Hassan dan Ar-Rifa’i pada tanggal 20 Agustus 2021. Dikarenakan hari Jumat, kami melakukan shalat jumat dan ziarah ke makam di mesjid Sultan Hassan dan Ar-Rafai. Masjid yang sangat megah dan unik secara arsitektur. Masjid ini dekat dengan Masjid Salah El Din Al Ayyoubi di Citadel.

Dokumentasi saat berada di Masjid Sultan Hassan dan Ar-Rifa’i
  1. National Museum Egyptian Civilization

Kunjungan selanjutnya yaitu National Museum Egyptian Civilization pada tanggal 25 Agustus 2021. Museum ini baru diresmikan sekitar 4 bulan yang lalu, dengan sentuhan nuansa modern museum ini merupakan salah satu tempat peninggalan atau artefak berbagai sejarah Mesir dari berbagi Era yaitu Archaic, Pharaonic, Roman, Coptic, Medieval, Islami, Modern, hingga Kontemporer. Yang paling menarik dari museum ini yaitu terdapat 22 mumi yang diabadikan terdiri 18 Mumi Raja dan 4 Mumi Ratu Mesir.

Dokumentasi saat berada di National Egyptian Museum Civilization

Field Trip

  1. Cairo Tower

Salah satu kunjungan wisata yang sangat terkenal di Kairo, Mesir adalah Cairo Tower pada tanggal . Dari ketinngian 187 meter, dari Cairo tower dapat melihat pemandangan yang sangat indah menunjukkan seluruh Kota Kairo.

Dokumentasi saat berada di Cairo Tower
  1. Al-Azhar Park

Kunjungan wisata selanjutnya yaitu Al-Azhar Park pada tanggal . Al-Azhar park merupakan salah satu wisatan yang diminati oleh warga mesir karena taman ini menyuguhi pemandangan pohon-pohon yang hijau dan danau yang indah.

Dokumentasi saat berada di Al-Azhar Park
  1. Khan El Khalili Street

Selanjutnya yaitu kunjungan ke Khan E Khalili yang merupakan pasar tertua di Kota Kairo, terdapat banyak toko oleh-oleh dan merchandise khas Mesir di sini, juga terdapat banyak penyewaan baju khas mesir. Disini saya dna teman teman pun sempat menyewa pakaina khas mesir.

Dokumentasi saat menggunakan pakaian khas Mesir dan mencoba Shobia minuman khas Mesir di Khan El- Khalili
  1. Alexandria City

Perjalan terakhir, keluar dari kota kairo yaitu mengunjungi kota Alexandria pada tanggal 27 Agustus 2021. Alexandria disebut sebagai capital city kedua setelah Kairo, Kota ini sangat indah dengan suguhan laut yang bersebrangan dengan gedung degung yang tinggi bak Eropa. Selain itu, saya juga mengunjugi salah satu museum di pesisir pantai dan mencoba salah satu Ice cream terkenal di kota Alexandria.

Dokumentasi saat berada di Alexandria City
  • Tabel Jadwal Kegiatan Student Exchange Programme
TanggalKegiatan
Minggu, 8 Agustus 2021Persiapan Keberangkatan Jakarta-Kairo
Senin, 9 Agustus 2021Pembukaan dan Campus Tour
Selasa, 10 Agustus 2021Pengenalan Sejarah dan Budaya: Prince Mohammad Ali Palace and Museum
Rabu, 11 Agustus 2021Meet and Greet bersama SEP Team
Kamis, 12 Agustus 2021Pengenalan Sejarah dan Budaya: Coptic Cairo (Katedral St. George, St. Virgin Mary, St. Menas, dan Coptic Museum)  
Jumat, 13 Agustus 2021Pengenalan Sejarah dan Budaya: The Great Sphinx and Giza Pyramids
Sabtu, 14 Agustus 2021Research Training: Briefing dan Lab Tour
Minggu 15 Agustus 2021Research Training: Pembuatan Sediaan Vancomycin-loaded niosomes
Senin. 16 Agustus 2021Research Training: Pengompresan Sediaan Vancomycin-loaded niosomes
Selasa, 17 Agustus 2021Research Training: Pembuatan Sediaan Empty Niosomes
Rabu, 18 Agustus 2021Pengenalan Sejarah dan Budaya: Masjid Salah El Din Al Ayyoubi, National Police and Military Museum
Kamis, 19 Agustus 2021Pengenalan Sejarah dan Budaya: 6th October Panorama dan Al-Azhar Park
Jumat, 20 Agustus 2021Pengenalan Sejarah dan Budaya: Masjid Sultan Hassan dan Ar-Rifa’i
Sabtu, 21 Agustus 2021Research Training: Evaluasi Sediaan Vancomycin-loaded niosomes
Minggu, 22 Agustus 2021Research Training: Evaluasi Sediaan Vancomycin-loaded niosomes
Senin, 23 Agustus 2021Research Training: Diskusi dan Pemaparan Format Resume dan Laporan
Selasa, 24 Agustus 2021Reseach Training: Pengumpulan Resume dan Laporan, Perpisahan, dan Sesi Dokumentasi
Rabu, 25 Agustus 2021Pengenalan Sejarah dan Budaya: National Egyptian Museum Civilization
Kamis, 26 Agustus 2021Field Trip: Khan El Khalili
Jumat, 27 Agustus 2021Field Trip: Alexandria City
Sabtu, 28 Agustus 2021General Assembly EPSF dan Community Pharmacy Training
Minggu, 29 Agustus 2021General Assembly EPSF dan Community Pharmacy Training
Senin, 30 Agustus 2021Community Pharmacy Training
Selasa, 31 Agustus 2021Community Pharmacy Training
Rabu, 1 September 2021Persiapan Kepulangan