Search
Close this search box.
[gtranslate]

Konferensi dan Seminar Internasional Farmasi UIN Malang Hadirkan Pembicara 4 Negara

Konferensi dan Seminar Internasional Farmasi UIN Malang Hadirkan Pembicara 4 Negara

Konferensi dan Seminar Internasional Farmasi UIN Malang Hadirkan Pembicara 4 Negara

Konferensi dan Seminar Internasional Farmasi UIN Malang Hadirkan Pembicara 4 Negara

Rabu (10/8) Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang telah sukses menggelar 2nd International Pharmacy Ulul Albab Conference & Seminar (PLANAR) 2022. Forum ilmiah yang dilaksanakan secara daring via Zoom dan Youtube ini mendatangkan pembicara dari berbagai negara peserta baik internal maupun eksternal civitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, alumni, umum, serta peneliti di bidang farmasi. 

PLANAR 2022 kali ini mengusung tema “Advanced Development in the Pharmaceutical Sciences” yang membahas mengenai keterbaruan perkembangan ilmu farmasi. Kegiatan ini juga difokuskan pada 5 topik yang lebih spesifik diantaranya Pharmaceutical Chemistry, Pharmaceutical Technology, Clinical and Community Pharmacy, Natural Products Pharmacy, dan Halal Pharmaceutical & Cosmetic.

Acara seminar dan konferensi internasional yang berlangsung dari pagi hingga sore ini dimulai dengan pembukaan oleh apt. Fathia Faza R., M.Farm.Klin selaku pemandu acara, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Dela, mahasiswa prodi Farmasi Angkatan 2019. Bapak Abdul Wafi, Ph.D., selaku ketua panitia yang mewakili ketua program studi Farmasi menyampaikan bahwa tujuan utama dilaksanakannya kegiatan ini yakni untuk sharing perkembangan ilmiah di bidang ilmu farmasi dan untuk menginisiasi pertukar informasi bahkan pengalaman antar partisipan dengan berbagai latar belakang baik dari pusat penelitian maupun industri. Dekan FKIK UIN Malang, Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati, M.Kes, Sp.Rad (K), memberikan sambutan hangat kepada partisipan dan berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan baik hingga akhir. Beliau secara resmi membuka PLANAR 2022 ini dengan bacaan basmalah.

Sesi selanjutnya yakni plenary session yang diisi dengan penyampaian seminar dan diskusi oleh para keynote speakers yang dibagi menjadi 2 sesi utama yakni sesi pertama olehProf. Kenji Mishima (Fukuoka University, Japan) dengan topik yang berjudul Interface of Micro- and Nano-Composite Particles Controlled by High Pressure Technique dan Dr. Jintana Junlatat (Ubon Ratchathani Rajabhat University,Thailand) dengan topik Natural Product for Hair Loss: from Research to Market Products yang dipandu oleh Abdul Wafi, PhD dari dosen prodi Farmasi. Pada sesi kedua dilanjut dengan pembicara internal Dr. Begum Fauziyah, M.Farm. (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia) dengan topik Cellulose and Its Derivatives : Source, Types and Uses in Pharmacy dan Dr. Mohammad M. Abd-Alhaseeb El-Mahdy (Damanhour University, Egypt) dengan topik Natural Products and Breast Cancer : A Promising Alternatives Medicine yang dipandu oleh apt. Alif Firman F., M.Biomed selaku dosen prodi Farmasi. Para peserta antusias mengikuti acara dan diskusi yang berlangsung.   

Bentuk kegiatan PLANAR 2022 juga meliputi presentasi ilmiah dalam 3 breakout room yang dilaksanakan usai agenda istirahat pada pukul 13.00 WIB. Di akhir acara diumumkan 3 presentator terbaik yang berhak mendapat reward dari pihak penyelenggara, diantaranya apt. Akbar Awaluddin, S.Si., M.Si (Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Makassar), Dr. Firdayani, M. Farm (BRIN/Research Center for Vaccine and Drug), dan Faisal Akmal Muslikh, S. Farm (Universitas Airlangga Surabaya). Selain itu diberikan juga penghargaan untuk peserta teraktif selama proses acara yakni Dr. apt. Dianik, M.Sc dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Luaran dari kegiatan ini nantinya yakni publikasi artikel pada prosiding elektronik bertaraf internasional. Pengumpulan fullpaper dijadwalkan pada 20 Agustus 2022.

Berlangsungnya forum ini tentu berkat kontribusi pihak sponsor yang terlibat. Terimakasih disampaikan kepada PT. Dharma Karya Makmur Sentosa, PT. Genecraft Labs – PT Wiratama Solusindo, ITS Science, dan CV. Nurra Gemilang yang telah mendukung terselenggaranya PLANAR 2022. 

Kontributor : Naharin Dwi Indah (PSPD 2019) – Tim Pers FKIK ; Editor : Fathia FR – Humas FKIK

Posts that may also interest you

Berita Lainnya

Pengumuman