Workshop KKNI 2015

Pada hari selasa tanggal 17 Maret 2015 telah disenggarakan Workshop Penyelarasan Kompetensi Sarjana Farmasi Menurut KKNI dengan mendatangkan pemateri ibu Dr. Isnaeni, Msi., Apt. dari Universitas Airlangga Surabaya . Sesuai dengan judulnya, tujuan dari workshop ini adalah penyelarasan antara dunia pendidikan dan dunia kerja menurut KKNI.3

Peserta yang hadir dalam kegiatan Workshop KKNI adalah semua dosen Farmasi Fakultas Saintek UIN MALIKI Malang, dosen perwakilan dan anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dari semua Jurusan Farmasi universitas yang ada di Malang raya.

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah kerangka penjenjangan kualifikasi dan kompetensi tenaga kerja Indonesia yang menyandingkan, menyetarakan dan mengintegrasikan sector pendidikan dengan sector pelatihan dan pengalaman kerja dalam suatu skema pengakuan kemampua kerja yang disesuaikan dengan struktur di berbagai sector pekerjaan. KKNI merupakan perwujudan mutu dan jatidiri bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan nasional, sistem pendidikan kerja nasional serta sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran (Learning Outcomes) yang bermutu dan produktif.

4

Dalam KKNI sendiri sangat menekankan pada tiga aspek yaitu skill, knowledge/pengetahuan, serta sikap/attitude. Setelah terbentuk learning outcomes atau deskriptornya, maka untuk setiap program keahlian di atas perlu dievaluasi struktur kurikulumnya sehingga hasil dari pembelajaran akan mengerucut menghasilkan learning outcomes tersebut. Hal penting yang harus diperhatikan dalam penyusunan deskriptor KKNI untuk S1 farmasi yang juga melibatkan kebutuhan dari stokeholder.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *