Dosen Baru Farmasi Ikuti Pelatihan Pengembangan Pedagogik UIN Malang

Sebanyak 13 dosen baru Jurusan Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengikuti acara Pengembangan Kompetensi Pedagogik Dosen Tahun 2020. Selain diikuti oleh dosen Farmasi, kegiatan tersebut juga diikuti oleh 40 dosen baru lainnya yang berasal dari dari fakultas lain yang ada di bawah naungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, di antaranya adalah dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Prodi Pendidikan Dokter, Fakultas Syariah, Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan Teknologi, dan Fakultas Humaniora.

Kegiatan Pelatihan Pedagogik ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu Selasa (11/8/2020), Rabu (13/8/2020) dan Jumat (14/8/2020) dengan alokasi 48 jam pelajaran menggunakan sistem blended learning, yakni kombinasi antara pembelajaran luring yang bertempat di aula microteaching lantai II (11/8/2020) dan Gedung A (14/8/2020), serta pembelajaran daring (13/8/2020).

Menurut Ketua Panitia Pelatihan Pedagogik 2020, Drs. Muh. Yunus, M.Si, kegiatan ini merupakan tradisi yang secara konsisten diadakan setiap tahun untuk membangun rasa self of belonging para dosen baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Selain itu kegiatan ini juga merupakan suatu kegiatan yang berorientasi pada produk. “Setiap peserta diminta untuk dapat menghasilkan produk berupa modul yang dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran bapak ibu sekalian, hal ini menjadi pertimbangan kelulusan di samping penilaian dari segi penugasan dan kedisiplinan”, tutur Yunus.

Kegiatan Pelatihan Pedagogik 2020 ditutup dengan praktik microteaching oleh para peserta dengan menerapkan materi-materi yang telah diajarkan selama 2 hari sebelumnya.