Teknologi Farmasi

Pendahuluan

Hutan tropika Indonesia kaya akan tumbuhan obat, terdapat 20.000 jenis tumbuhan obat, 1.000 jenis yang sudah didata, dan 300 jenis dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Dari berbagai macam tumbuhan obat, banyak bahan aktif/isolat yang telah diperoleh dari tumbuhan dan luas digunakan untuk pengobatan.

Quercetin, Kurkumin, ataupun EPMS merupakan isolat dari tumbuhan yang luas manfaatnya bagi kesehatan. Aktivitas biologis dari isolat-isolat tersebut antara lain sebagai antiinflamasi, antikanker, antivirus, antidiabetes, sifat antioksidan, dll. Namun, senyawa juga memiliki sifat bioavailabilitas yang rendah serta kelarutan dalam air yang buruk. Untuk menjadikan senyawa bahan alam tersbut sebagai obat oral maupun transdermal yang efektif, maka perlu diciptakan teknologi yang mampu memperbaiki sifatnya.

Tema research

-          Sediaan Nanopartikel

-          Inclusion Complex

Tujuan

Untuk memperbaiki sifat bioavailabilitas yang rendah serta kelarutan dalam air yang buruk dari senyawa-senyawa tersebut. Sehingga akan mampu menjadikan senyawa-senyawa bahan alam tersebut sebagai obat oral maupun transdermal yang efektif.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Kontak Kami

Jurusan Farmasi
Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Jl Gajayan No. 50 Malang Jawa Timur

Telp. (0341) 551354
Fax. (0341) 572533

Contact Person (SMS/Telegram only) :
Jam kerja Senin-Jum'at 08.00-16.00 WIB :
085850991700 (Ibu Fafa)